BACA untuk maju!!!

Buang Mitos Salah dan Menikahlah!

Posted by pikpik on 15 January, 2008

“Berikan aku beberapa alasan yang menyenangkan, agar aku mau menikah sepertimu…,” ujar Nina (29), sahabat saya. “Kamu selalu mengartikan bahwa pernikahan itu sebagai komitmen untuk menghabiskan sisa hidup bersama dengan pria yang itu-itu saja. Kemudian kamu membayangkan, kalau hari-harimu akan dipenuhi dengan kewajiban dan tanggung jawab. Maka tidak heran jika kamu sekarang memandang bahwa perkawinan adalah hal yang paling menyeramkan,” jawab saya tak mau kalah.

 Dulu, saat saya memutuskan untuk menerima lamaran dan menikah dengan Ardy. Saya merasa seolah akan melakukan terjun payung dari ketinggian 4000 kaki. Meskipun saya sudah memakai parasut lengkap dengan helmnya, tetap saja ketika tiba waktunya untuk meloncat. Seluruh jiwa dan raga saya rasanya amat takut dan tegang. Tapi sekarang? Rasanya seperti mimpi, saya sudah resmi menjadi istri dari pria yang amat saya cintai!

Sudah banyak orang yang mengatakan hal-hal menakutkan tentang pernikahan, padahal jika Anda tahu cara melaluinya, menikah adalah hal yang menyenangkan. Namun ironisnya, sampai kini mitos-mitos salah tersebut, masih dipercayai dan masih sanggup membuat orang ‘enggan’ untuk mengambil keputusan ini. Ingatlah, mempercayai mitos berarti Anda akan salah informasi. Salah informasi akan membuat Anda keliru mengambil keputusan. Saat Anda keliru mengambil keputusan maka hasil yang akan dapatkan pasti akan salah besar!

Jadi, agar Anda tak terjebak dengan mitos salah tentang pernikahan. Lebih baik ketahui dahulu kebenarannya berikut ini:

Mitos 1: Untuk menikah, pria dan wanita harus memiliki pemikiran, kebiasaan dan pandangan hidup yang sama.

Salah besar! Secara fisik pria dan wanita sudah diciptakan sebagai makhluk yang total berbeda. Apalagi secara psikologis dan latar belakang kehidupannya. Justru dengan pernikahan diharapkan Anda berdua bisa menyatukan dua perbedaan untuk satu tujuan. Perbedaan membuat Anda berdua saling belajar untuk memahami, bekerjasama, saling menghormati dan saling mendukung.

Mitos 2: Pertengkaran antara suami istri adalah tanda-tanda buruk menuju perpisahan.

Salah. Justru dengan menikah, suami istri bisa bertengkar dengan bebas, tanpa resiko putus atau patah hati. Debat yang cukup sering justru jadi tanda ‘hidupnya’ sebuah perkawinan. Namun, ingatlah setiap pasangan pasti mempunyai cara yang berbeda dalam memecahkan dan menyelesaikan permasalahan.

Mitos 3: Menikah berarti memiliki teman kencan seumur hidup.

Benar. Tapi ini bukanlah satu-satunya alasan Anda untuk menikah. Tapi paling tidak kini Anda sudah tahu dengan siapa Anda akan menghabiskan akhir minggu atau waktu libur lainnya. Suami atau istri tak hanya siap menjadi teman di setiap saat. Tapi ia juga siap sebagai sahabat, saat Anda berada di tempat yang tidak menyenangkan sekalipun.

Mitos 4: Perkawinan selalu menuntut romantisme

Ayolah! Kita ini hidup dalam dunia nyata dan bukan dalam cerita novel atau sinetron. Romantis bukan berarti Anda harus selalu berdua kemanapun pergi, dan bukan pula mesra setiap waktu sampai membuat orang lain jengah melihat. Romantis bisa Anda wujudkan dengan cara sederhana, misalnya berbagai cerita saat pulang kantor, berbagi sepotong burger, membantu istri memasak atau membantu si dia memilih kemeja kerja setiap pagi.

Mitos 5: Menikah = Menjadi dewasa

Benar. Ada nasehat lama ada yang mengatakan, “Pria bisa dikatakan dewasa apabila dia berani mengambil keputusan untuk menikah”. Menikah memang tidak bisa langsung menjadikan Anda lebih dewasa. Tetapi menuntut Anda berdua untuk bertingkah dewasa serta membuat Anda lebih bertanggung jawab pada urusan rumah, meski urusan yang sepele sekalipun.

Menikah memang bukan keputusan yang mudah, karena perkawinan yang sukses membutuhkan kerja keras antara kedua belah pihak secara terus menerus. Tapi jangan khawatir, usaha tersebut tak sekeras seperti yang Anda bayangkan kok..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: